Minggu, 02 Oktober 2011

Tugas Etika Bisnis


Tugas Mata Kuliah Etika Bisnis
Anggota kelompok:
1.        Dwy Ari Susanti (01109006)
2.       Silvia Ningsih (01109014)
3.       Yuni kartika (01109047)
Contoh kasus Etika Bisnis
Muhaimin tetap bantah terlibat kasus suap di Kemenakertrans
Oleh Fajar Sidik on 6 September , 2011















































































































 
Muhaimin Iskandar (antara)
JAKARTA (bisnis-jabar.com): Menakertrans Muhaimin Iskandar  kembali  menepis kabar yang mengaitkan dirinya dengan kasus suap yang terjadi  Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Muhaimin mengatakan agar  semua pihak menunggu hasil proses penyelidikan dari  pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
“Tak ada itu. Semua ini kan masih jauh dari kaitan saya. Jadi kita tunggu saja proses KPK, karena saya melihat jauh sekali posisi anggaran itu. Anggaran itu di daerah, tender juga di daerah, semua di daerah, ,” kata  Muhaimin menjawab pertanyaan waratwan di Istana Presiden hari ini.
Terkait kasus yang menyeret Kemenakertrans, Muhaimin mengatakan pihaknya akan menjadikannya sebagai momentum pembenahan.
Di samping itu  akan diambil hikmahnya untuk melakukan penataan, sehingga tidak terjadi lagi kasus.
“Justru saya jadikan momentum ini sebagai momentum pembenahan, kita ambil hikmahnya untuk penataan sehingga tidak terjadi lagi,” kata Muhaimin.
Menakertrans Muhaimin Iskandar sebelumnya mengaku namanya dicatut oleh pejabat bawahannya dalam kasus suap pencairan dana proyek  PPIDT 2011 (Bisnis, 4 September 2011).
Adanya bukti pembicaraan telepon soal permintaan succes fee, menurut dia bukan  percakapan dirinya dengan pengusaha makelar proyek melainkan kontak dua anak buahnya di Kemenakertrans. (fsi)
Komentar :
Etika bisnis adalah penerapan etika dalam menjalankan kegiatan suatu bisnis. Pada dasarnya tujuan bisnis adalah memperoleh keuntungan, tetapi harus berdasarkan norma-norma hukum yang berlaku. Norma hukum bisnis mengatur mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan. Sebaiknya norma-norma yang berlaku harus dipatuhi, agar tidak ada yang dirugikan, apalagi sebagai pejabat publik yang menjadi panutan / teladan bagi masyarakat haruslah bersih dari kasus-kasus KKN maupun suap semacam ini.
Pengertian etika sendiri adalah pengetahuan tentang perilaku dan kebiasaan masyarakat berkaitan dengan norma-norma yang membedakan hal yang benar atau salah mengacu kepada hukum agama, adat dan Negara. Norma-norma tersebut pastilah di buat agar manusia tidak diuntungkan secara sepihak dan merugikan pihak lain, dalam kasus ini tentunya masyarakat umum sebagai warga negara indonesia yang akan dirugikan, sebab gara-gara adanya suap ini, pemabangunan khususnya di daerah-daerah transmigrasi maupun daerah terpencil lainnya akan terhambat dan tidak berjalan maksimal, karena ada pihak-pihak tertentu yang menggunakan wewenang yang diberikan kepadanya untuk kesejahteraan atau kepentingan pribadi dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar