Gambar : Halaman depan buku referensi mata kuliah Etika Bisnis
Kerangka kerja Pengambilan Keputusan Etis ( EDM- Ethical Decision-Making Framework)
Keputusan atau tindakan yang dianggap etis atau "baik" jika sesuai dengan standar tertentu. Para Filsuf telah mempelajari standar merupakan hal penting selama ribuan tahun, dan ahli etika bisnisbaru telah menerapkan pada pekerjaan mereka. kedua kelompok telah menemukan bahwa satustandar saja tidak cukup untuk memastikan keputusan etis. Akibatnya, EDM kerangka kerjamengusulkan bahwa keputusan atau tindakan dapat dibandingkan pada empat standar penilaian yang komprehensif untuk perilaku etis, yaitu :
Konsekuensialisme berpendapat bahwa tindakan yang secara moral benar jika dan hanya jikatindakan yang memaksimalkan kebaikan.Dengan kata lain, suatu tindakan dikatakan itu keputusanetis jika konsekuensi yang menguntungkan lebih besar daripada konsekuensi negatifnya.
Investor etis dan investor lainnya, serta kelompok stakeholder, cenderung tidak mau memeraskeuntungan terakhir dari keuntungan dari tahun berjalan jika itu berarti merusak lingkungan atau hak stakeholder lainnya. mereka percaya dalam mengelola korporasi satu dasar yang lebih luas daripada keuntungan jangka pendek saja, biasanya, maksimalisasi keuntungan dalam kerangka waktu yang lebih lama dari satu tahun membutuhkan hubungan harmonis dengan kelompok stakeholder yang paling banyak dan kepentingan mereka. perusahaan menemukan bahwa di masa lalu mereka telahsecara sah dan bertanggung jawab kepada pemegang saham pragmatis, tetapi mereka juga menjadi semakin bertanggung jawab kepada para pemangku kepentingan.
Banyaknya stakeholder dan kelompok-kelompok pemangku kepentingan membuat keinginan untuk mengidentifikasi satu pegangan umum kepentingan yang akan digunakan untuk fokus analisis dan pengambilan keputusan pada dimensi etis.Untungnya, pembuat keputusan dapat mengkonsolidasikan kepentingan kelompok stakeholder ke dalam tiga pengadaan umum berikut,fundamental, dan kepentingan:
Keuntungan adalah dasar untuk kepentingan pemegang saham dan sangat penting untukkelangsungan hidup dan kesehatan perusahaan kita. Keuntungan adalah ukuran jangka pendek, dan bahwa beberapa dampak penting tidak tertangkap dalam penentuan laba.
Item tidak termasuk laba: terukur secara langsung
ada dampak atau keputusan perusahaan dan kegiatan yang tidak termasuk dalam penentuan labaperusahaan namun menyebabkan dampak. Misalnya, ketika sebuah perusahaan mencemari, biayapembersihan biasanya diserap oleh individu, perusahaan, atau kota. Biaya-biaya yang disebut sebagai eksternalitas, dan dampaknya sering dapat diukur secara langsung dengan biayapembersihan yang dikeluarkan oleh orang lain.
Item tidak termasuk laba: tidak terukur secara langsung
Eksternalitas lainnya ada di mana biaya ini termasuk dalam penentuan keuntungan perusahaan,tetapi manfaat yang dinikmati oleh orang di luar perusahaan. Sumbangan atau beasiswa adalah contoh dari jenis eksternalitas, dan jelas akan menarik untuk memasukkan perkiraan manfaat yang terlibat dalam evaluasi secara keseluruhan keputusan yang diusulkan.
2. Ringkasan Materi Bab 6: Etika Mengelola Rrisiko dan Peluang ( Judul asli : Managing Ethics Risks and Opportunities)
Banyak ahli dan praktisi sukses, berlangganan ke pandangan bahwa karyawan memandang perlakuan mereka terhadap perusahaan menentukan apa yang karyawan pikirkan tentang program etika bisnis perusahaan. Akibatnya, jika suatu organisasi ingin karyawan untuk mengamati satu setnilai-nilai etika perusahaan, para pekerja harus yakin bahwa organisasi benar-benar berarti apa yang dikatakannya, dan harus ada tingkat kepercayaan yang memungkinkan keyakinan ini untuk berkembang. memperlakukan karyawan yang tepat bukan hanya etika, sangat penting untuk merekamelaksanakan program etika organisasi dan untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.
Sebagai paradigma akuntabilitas perusahaan terus bergeser ke arah meningkatkan akuntabilitas kepada stakeholders, manajer dan akuntan profesional harus terlibat sebagai desainer,mempersiapkan, dan penyedia jaminan. mengembangkan sistem akuntabilitas sosial yang efektifakan sangat memudahkan manajemen yang lebih baik dari budaya etis organisasi dan kinerja. itu akan bernilai baik waktu untuk memantau inisiatif baru di daerah ini, termasuk pedoman pelaporankeberlanjutan yang merupakan bagian dari Global Reporting Initiative, dan Standar Akuntabilitas baruDari Institut Akuntabilitas Sosial dan Etika.
Perusahaan modern dan organisasi lain sukses karena mereka menciptakan,mempertahankan atau menginformasikan pada nilai. Akhirnya, keberhasilan tergantung padadukungan yang mereka timbulkan dari para pemangku kepentingan mereka, dan bahwa tergantung pada penghormatan yang ditampilkan untuk harapan stakeholder. Perilaku yang sesuai atau etiskarena itu terikat oleh harapan stakeholder, dan perawatan yang ditampilkan untuk penciptaanbimbingan dan cara lain untuk mendorong karyawan untuk "melakukan apa yang benar".
Dalam era baru akuntabilitas stakeholder, organisasi akan melakukan dengan baik untuk mengamati enam norma : kejujuran, keadilan, belas kasih, integritas, prediktabilitas, danresposibilitas. nilai-nilai ini harus dibangun ke dalam pemerintahan, manajemen risiko, strategi,operasi, pengambilan keputusan etis, pengungkapan, dan manajemen krisis. Reputasi dan suksestergantung pada hal tersebut, baik apakah Anda seorang direktur, eksekutif, maupun akuntanprofesional.
- Ringkasan Materi Bab 5 : Pendekatan Etis Untuk Pengambilan Keputusan ( Judul asli :Approaches to Ethical Decision Making )
Kerangka kerja Pengambilan Keputusan Etis ( EDM- Ethical Decision-Making Framework)
Keputusan atau tindakan yang dianggap etis atau "baik" jika sesuai dengan standar tertentu. Para Filsuf telah mempelajari standar merupakan hal penting selama ribuan tahun, dan ahli etika bisnisbaru telah menerapkan pada pekerjaan mereka. kedua kelompok telah menemukan bahwa satustandar saja tidak cukup untuk memastikan keputusan etis. Akibatnya, EDM kerangka kerjamengusulkan bahwa keputusan atau tindakan dapat dibandingkan pada empat standar penilaian yang komprehensif untuk perilaku etis, yaitu :
- konsekuensi atau well-offness dibuat dalam hal keuntungan bersih atau biaya
- hak dan kewajiban yang terkena dampak
- keadilan yang terlibat
- motivasi atau kebajikan yang diharapkan
Konsekuensialisme berpendapat bahwa tindakan yang secara moral benar jika dan hanya jikatindakan yang memaksimalkan kebaikan.Dengan kata lain, suatu tindakan dikatakan itu keputusanetis jika konsekuensi yang menguntungkan lebih besar daripada konsekuensi negatifnya.
Investor etis dan investor lainnya, serta kelompok stakeholder, cenderung tidak mau memeraskeuntungan terakhir dari keuntungan dari tahun berjalan jika itu berarti merusak lingkungan atau hak stakeholder lainnya. mereka percaya dalam mengelola korporasi satu dasar yang lebih luas daripada keuntungan jangka pendek saja, biasanya, maksimalisasi keuntungan dalam kerangka waktu yang lebih lama dari satu tahun membutuhkan hubungan harmonis dengan kelompok stakeholder yang paling banyak dan kepentingan mereka. perusahaan menemukan bahwa di masa lalu mereka telahsecara sah dan bertanggung jawab kepada pemegang saham pragmatis, tetapi mereka juga menjadi semakin bertanggung jawab kepada para pemangku kepentingan.
Banyaknya stakeholder dan kelompok-kelompok pemangku kepentingan membuat keinginan untuk mengidentifikasi satu pegangan umum kepentingan yang akan digunakan untuk fokus analisis dan pengambilan keputusan pada dimensi etis.Untungnya, pembuat keputusan dapat mengkonsolidasikan kepentingan kelompok stakeholder ke dalam tiga pengadaan umum berikut,fundamental, dan kepentingan:
- kepentingan mereka harus lebih baik sebagai hasil dari keputusan
- keputusan mereka harus menghasilkan distribusi yang adil dari manfaat dan beban
- keputusan tidak boleh menyinggung salah satu hak dari setiap stakeholder, termasukpembuat keputusan
Keuntungan adalah dasar untuk kepentingan pemegang saham dan sangat penting untukkelangsungan hidup dan kesehatan perusahaan kita. Keuntungan adalah ukuran jangka pendek, dan bahwa beberapa dampak penting tidak tertangkap dalam penentuan laba.
Item tidak termasuk laba: terukur secara langsung
ada dampak atau keputusan perusahaan dan kegiatan yang tidak termasuk dalam penentuan labaperusahaan namun menyebabkan dampak. Misalnya, ketika sebuah perusahaan mencemari, biayapembersihan biasanya diserap oleh individu, perusahaan, atau kota. Biaya-biaya yang disebut sebagai eksternalitas, dan dampaknya sering dapat diukur secara langsung dengan biayapembersihan yang dikeluarkan oleh orang lain.
Item tidak termasuk laba: tidak terukur secara langsung
Eksternalitas lainnya ada di mana biaya ini termasuk dalam penentuan keuntungan perusahaan,tetapi manfaat yang dinikmati oleh orang di luar perusahaan. Sumbangan atau beasiswa adalah contoh dari jenis eksternalitas, dan jelas akan menarik untuk memasukkan perkiraan manfaat yang terlibat dalam evaluasi secara keseluruhan keputusan yang diusulkan.
2. Ringkasan Materi Bab 6: Etika Mengelola Rrisiko dan Peluang ( Judul asli : Managing Ethics Risks and Opportunities)
Banyak ahli dan praktisi sukses, berlangganan ke pandangan bahwa karyawan memandang perlakuan mereka terhadap perusahaan menentukan apa yang karyawan pikirkan tentang program etika bisnis perusahaan. Akibatnya, jika suatu organisasi ingin karyawan untuk mengamati satu setnilai-nilai etika perusahaan, para pekerja harus yakin bahwa organisasi benar-benar berarti apa yang dikatakannya, dan harus ada tingkat kepercayaan yang memungkinkan keyakinan ini untuk berkembang. memperlakukan karyawan yang tepat bukan hanya etika, sangat penting untuk merekamelaksanakan program etika organisasi dan untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.
Sebagai paradigma akuntabilitas perusahaan terus bergeser ke arah meningkatkan akuntabilitas kepada stakeholders, manajer dan akuntan profesional harus terlibat sebagai desainer,mempersiapkan, dan penyedia jaminan. mengembangkan sistem akuntabilitas sosial yang efektifakan sangat memudahkan manajemen yang lebih baik dari budaya etis organisasi dan kinerja. itu akan bernilai baik waktu untuk memantau inisiatif baru di daerah ini, termasuk pedoman pelaporankeberlanjutan yang merupakan bagian dari Global Reporting Initiative, dan Standar Akuntabilitas baruDari Institut Akuntabilitas Sosial dan Etika.
Perusahaan modern dan organisasi lain sukses karena mereka menciptakan,mempertahankan atau menginformasikan pada nilai. Akhirnya, keberhasilan tergantung padadukungan yang mereka timbulkan dari para pemangku kepentingan mereka, dan bahwa tergantung pada penghormatan yang ditampilkan untuk harapan stakeholder. Perilaku yang sesuai atau etiskarena itu terikat oleh harapan stakeholder, dan perawatan yang ditampilkan untuk penciptaanbimbingan dan cara lain untuk mendorong karyawan untuk "melakukan apa yang benar".
Dalam era baru akuntabilitas stakeholder, organisasi akan melakukan dengan baik untuk mengamati enam norma : kejujuran, keadilan, belas kasih, integritas, prediktabilitas, danresposibilitas. nilai-nilai ini harus dibangun ke dalam pemerintahan, manajemen risiko, strategi,operasi, pengambilan keputusan etis, pengungkapan, dan manajemen krisis. Reputasi dan suksestergantung pada hal tersebut, baik apakah Anda seorang direktur, eksekutif, maupun akuntanprofesional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar